Searching...
_________
Jumat, 02 Januari 2015

Analisis Korelasi Bivariat

01.58
 cer-mat.blogspot.com; analisis korelasi bivariat; analisis antar 2 variabel.
Hubungan antar dua variabel dibedakan menjadi dua jenis, yaitu hubungan secara korelasional dan hubungan secara kausal. (Agus Irianto, Statistik, h. 133).
Korelasional merupakan hubungan antar dua kelompok data yang bukan merupakan hubungan saling ketergantungan/sebab-akibat (kausal). Artinya perubahan data kelompok pertama tidak disebabkan oleh perubahan data kelompok kedua atau sebaliknya. Jika perubahan data kelompok pertama bergantung dengan perubahan data kelompok kedua maka hubungan kedua kelompok data disebut hubungan kausal.
Kekuatan hubungan antar dua kelompok data disebut dengan koefisien korelasi (r). Nilai koefisien korelasi berkisar dari -1 sampai dengan +1. Hubungan dua variabel yang mempunyai koefisien -1 disebut relasi negatif sempurna artinya kenaikan data pada variabel pertama akan diikuti oleh penurunan data pada variabel kedua atau sebaliknya. Sedangkan jika koefisien korelasinya +1 dikatakan relasinya positif sempurna artinya kenaikan data pada variabel pertama diikuti oleh kenaikan pula pada data variabel kedua. Jika koefisien korelasi = 0 maka dikatakan bahwa kedua variabel tidak berkorelasi.
Read more »

0 komentar:

Posting Komentar